...

indahweb.com

9 Tools SEO Terbaik Untuk Pemula 2024

Daftar Isi

9 Tools SEO Terbaik Untuk Pemula 2024

9 Tools SEO Terbaik untuk Pemula 2024

Siap untuk optimisasi mesin pencari (SEO) untuk situs web kamu, tapi bingung memilih alat apa yang harus digunakan? Internet penuh dengan berbagai alat SEO yang bagus untuk membuat situs web Anda diakses oleh semua orang di penjuru dunia, sehingga Anda mungkin merasa sulit memilih aplikasi mana yang terbaik untuk digunakan.

Beberapa alat SEO bisa digunakan secara gratis, sementara yang lain mungkin terlalu mahal bagi kamu yang mempunyai sedikit uang. Untungnya pada artikel kali ini, kami telah menyusun daftar terbaik alat SEO dalam berbagai kategori untuk memudahkan kamu untuk mengoptimasi website.

Namun sebelumnya, mari kita bahas dasarnya terlebih dahulu bagi kamuyang baru memasuki dunia SEO.

Apa Itu SEO?

SEO, atau optimisasi mesin pencari, adalah pendekatan untuk meningkatkan konten situs web sehingga muncul lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERPs) dibandingkan situs web lainnya.

Untuk menduduki peringkat lebih tinggi dibanding pesaing kamu di Google, kamu perlu menghasilkan konten berkualitas tinggi dan relevan. Selain itu, pastikan situs web Anda diatur dengan cara yang dapat di rayapi oleh Googlebot, web crawler dari Google.

Tiga Jenis SEO

Ada tiga jenis utama SEO, yaitu on-page, off-page, dan teknis. Memiliki strategi untuk ketiga jenis ini akan membantu Anda memenuhi algoritma yang menentukan peringkat pencarian situs web Anda.

On-Page SEO

Menerapkan strategi on-page SEO melibatkan perbaikan pada situs web Anda. Anda dapat menambahkan tautan internal, memperbaiki tautan yang rusak, membuat konten berkualitas tinggi, dan menggunakan kata kunci dan tag judul secara efektif.

Off-Page SEO

Pada off-page SEO, tujuan Anda adalah menunjukkan otoritas dengan mendapatkan perhatian dari situs web lain (misalnya, backlink) dan platform (misalnya, Facebook, Twitter).

Teknis SEO

Teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari. Ini bisa melibatkan peningkatan kecepatan halaman Anda.

Kenapa Memerlukan Alat SEO

Meskipun kamu memiliki bisnis kecil, penting bagi kamu untuk melakukan optimasi SEO pada website. Siapa tau website yang telah dioptimasi SEO dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar pada bisnis. Namun, prinsip-prinsip SEO dapat diterapkan pada hampir semua situs web, dan alat dapat memudahkan hidup kamu!

Jadi, meskipun kamu mungkin berpikir tidak memerlukannya, pertimbangkan manfaatnya untuk lalu lintas situs web kamu. Kamu dapat menggunakan alat SEO untuk:

  1. Mengetahui apa yang dilakukan pesaing kamu dengan baik (atau tidak begitu baik).
  2. Mengidentifikasi kata kunci utama dan kata kunci terkait yang dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencarian.
  3. Mempermudah proses SEO Anda (misalnya, audit).
  4. Mendapatkan panduan yang mudah dimengerti tentang kinerja SEO situs web.

Cara Memilih Alat SEO

Lakukan penelitian untuk memastikan alat SEO yang kamu pilih adalah yang terbaik untuk situs web.

  1. Pertimbangkan tujuan SEO dan bisnis kamu sebelum mendapatkan alat SEO. Misalnya, jika tujuan Anda adalah mendapatkan lebih banyak lalu lintas situs web melalui backlink, Anda perlu alat SEO yang membantu Anda melakukan analisis backlink.
  2. Sesuaikan dengan anggaran. Jika kamu memiliki blog kecil hanya untuk bersenang-senang, kamu mungkin tidak perlu mengeluarkan jtaan rupiah per bulan untuk alat SEO.
  3. Pertimbangkan tingkat pengalaman. Jika kamu pemula, alat SEO ramah pemula dengan grafik dan laporan audit yang mudah dimengerti dapat menghemat waktu dan memberi kamu beberapa trik SEO.
  4. Perhatikan jenis situs web. Jika situs web Anda tidak memiliki banyak konten, mungkin sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERPs Google. Selain itu, strategi SEO tidak bersifat satu ukuran untuk semua.
  5. Perhatikan pesaing. Jika pesaing kamu terlihat lebih unggul dalam SEO, analisis kompetitif dapat membantu Anda mengetahui alasannya dan memberikan tips untuk mengejar mereka.

Begitu kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang dasar-dasar SEO dan pertimbangan untuk memilih alat SEO, sekarang mari kita lihat daftar alat SEO terbaik untuk tahun 2024.

1. Yoast

 Yoast mengklaim sebagai plugin SEO teratas untuk WordPress, dengan 13 juta pengguna. Plugin Yoast tidak hanya sebagai alat SEO, tetapi juga mengenali banyak variasi kata kunci untuk membantu penulisan . Versi gratis Yoast sudah bagus, tetapi disarankan untuk mempertimbangkan Yoast Premium untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

2. Google Analytics dan Google Search Console

Mengingat bahwa Google memiliki pangsa pasar mesin pencari terbesar,Google Analytics dan Google Search Console menjadi kunci untuk meningkatkan peringkat situs web kamu di SERPs Google. Google Analytics memberikan laporan lalu lintas gratis, sementara Search Console membantu mengidentifikasi masalah teknis terkait SEO pada website kamu.

3. SEO PowerSuite

SEO PowerSuite menawarkan “toolkit” yang meliputi alat SEO dasar hingga lanjutan. Versi gratisnya dapat diuji coba, dan jika Anda menyukai fiturnya, Anda dapat meningkatkan fungsionalitasnya dengan biaya tahunan.

4. Ahrefs

Ahrefs dikenal sebagai alat SEO fantastis untuk audit website. Fitur audit Ahrefs memungkinkan kamu untuk megnanalisis kesehatan SEO situs web. Bahkan versi gratisan sudah memiliki banyak fitur SEO berguna, termasuk Keyword Explorer dan Site Explorer.

5. KWFinder

Digunakan oleh Airbnb, Skyscanner, dan Adidas, KWFinder dari Mangools membantu mengidentifikasi kata kunci panjang yang dapat meningkatkan penjualan di toko E-Commerce. Alat ini juga membantu dalam mengenali tren SEO jangka panjang, sangat berguna untuk pemilik toko E-Commerce.

6. SurferSEO

Jika kamu seorang blogger, SurferSEO dapat membantu Anda dalam struktur postingan SEO-friendly. Dengan pembangun outline dan editor konten, alat ini sangat berguna untuk penulis yang membutuhkan bantuan pada struktur artikel dan kata kunci.

Harga: Rencana dimulai dari $49/bulan (dibayar tahunan).

7. BrightLocal

Dipercayai oleh perusahaan seperti Hilton dan Ikea, BrightLocal adalah alat untuk meningkatkan SEO lokal. Ini menyediakan fitur pelacakan peringkat lokal, grid pencarian lokal, dan audit SEO lokal.

8. Semrush

Semrush adalah pilihan terbaik untuk pemula dengan basis pengetahuan yang kaya, analisis pesaing, optimisasi konten, analisis kata kunci, dan alat media sosial. Meskipun harga rencana bisnisnya tinggi, rencana dasarnya terjangkau dan cukup untuk pemula.

Alat SEO Lain yang Perlu Dipertimbangkan

  • Moz Pro
  • Screaming Frog SEO Spider
  • Ubersuggest
  • BuzzSumo
  • Majestic SEO
  • Google Keyword Planner
  • Long Tail Pro
  • SpyFu
  • Woorank
  • SERanking
  • Raven Tools
  • SEOquake
  • AnswerThePublic
  • DeepCrawl
  • Google Trends
  • ChatGPT
  • SEO Monitor

Penutup: Jasa SEO Terpercaya dari Indahweb

Jika Anda mencari kemitraan yang andal untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja SEO situs web Anda, Indahweb adalah pilihan yang tepat. Dengan pengalaman dan keahlian dalam industri, tim Indahweb siap membantu Anda mencapai peringkat tertinggi di mesin pencari. Jasa SEO kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik situs web Anda, mulai dari optimisasi konten hingga strategi backlink yang efektif. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi SEO terbaik yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Untuk informasi lebih lanjut atau konsultasi gratis, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di [email protected] atau melalui WhatsApp di 082255597444. Kami siap membantu Anda mengoptimalkan kehadiran online Anda dan meningkatkan lalu lintas situs web dengan strategi SEO yang terukur dan efektif. Percayakan kebutuhan SEO Anda kepada Indahweb, dan bersama-sama kita bangun perjalanan menuju kesuksesan online yang lebih besar.

Bagikan Postingan

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pinterest
Email
Tumblr
Print

Postingan Lainnya

Internet

Cara Membuat Windows Update Palsu

Pernahkah kamu ingin mengerjai sahabat kamu? atau kamu ingin menunda suatu pekerjaan dengan alasan tertentu? salah satu cara unik untuk mngerjai teman adalah dengan membuat

4 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Maupun Apartemen
Rumah Tangga

4 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Maupun Apartemen

Jika pernah mengalami wabah tikus, mungkin kamu merasa sudah mencoba segalanya untuk mengusir mereka namun hasilnya gagal. Sayangnya, kamper dan kapur ajaib saja tidak cukup

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi Pembuatan Website
👋 Hai ada yang bisa dibantu?
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.