...

indahweb.com

Apa itu Kabel Tanah atau grounding dan Mengapa Ini Penting?

Daftar Isi

Apa itu Kabel Tanah atau grounding dan Mengapa Ini Penting?

Apa itu Kabel Tanah atau grounding dan Mengapa Ini Penting?

Anda mungkin pernah mendengar istilah “kabel tanah” dan mengetahui bahwa kabel tersebut terpasang di colokan di sekitar rumah Anda. Tetapi apakah Anda tahu apa fungsi sebenarnya? Jawabannya memiliki implikasi besar terhadap keamanan listrik di rumah.

Apa Fungsi Kabel Tanah?

Kabel tanah berfungsi sebagai jalur aman bagi arus listrik dalam kasus terjadi pintshort. Jika terjadi pintshort, kabel tanah akan memicu pemutus sirkuit atau sekering, memberikan alternatif yang jauh lebih aman daripada risiko kejutan listrik berbahaya yang sebaliknya akan terjadi. Sesuai namanya, kabel tanah adalah kabel listrik yang membentang ke tanah di bawah rumah Anda. Persyaratan kode listrik yang membuat pemasangan kabel tanah menjadi standar diberlakukan selama tahun 1960-an, sehingga sebagian besar rumah modern memiliki colokan dan panel listrik berground.

Tujuan kabel tanah adalah memberikan tempat aman bagi muatan listrik berlebih. Massa padat bumi di bawah kaki kita memiliki muatan listrik negatif, yang berarti muatan listrik positif secara alami tertarik kepadanya. Kabel tanah membantu muatan positif tersebut mencapai tanah secara aman, langsung, dan terkendali, di mana mereka dapat dilepaskan tanpa risiko kejutan listrik atau kebakaran.

Pengaman Kejutan

Muatan listrik berlebih umum terjadi di setiap rumah. Itulah sebabnya kita melindungi perangkat elektronik kita dengan peralatan pelindung lonjakan, yang berarti melibatkan lonjakan dari hal-hal seperti petir dan gangguan transformator. Namun, muatan listrik berlebih juga cenderung terjadi beberapa kali sehari, setiap kali peralatan besar dihidupkan; jika Anda pernah melihat lampu Anda berkedip sebentar ketika AC Anda menyala, itu disebabkan oleh lonjakan listrik kecil.

Dalam sistem listrik yang terground dengan baik, listrik berlebih itu masuk langsung ke tanah. Tetapi jika rumah Anda memiliki colokan listrik yang tidak terground, lonjakan dapat terjadi melalui berbagai cara yang berbahaya.

Cara yang paling berbahaya adalah jika listrik menemukan jalur ke tanah melalui tubuh manusia. Hal ini bisa terjadi jika Anda menyentuh colokan atau stopkontak yang tidak terhubung dengan tanah pada saat yang salah – listrik dapat bergerak antara bagian tubuh Anda yang menyentuh stopkontak dan kaki Anda di lantai, menyebabkan luka bakar, kerusakan saraf, dan bahkan kematian, jika lonjakan tersebut cukup kuat.

Jika lonjakan listrik menemukan jalur melalui elemen struktural rumah Anda, hal itu dapat menyulut api. Dan selalu ada kemungkinan bahwa listrik akan mengalir langsung ke perangkat elektronik yang dicolokkan ke stopkontak yang tidak terhubung dengan tanah, yang dapat merusaknya.

Lihat Sendiri

Ada cara mudah untuk memeriksa apakah colokan Anda terhubung dengan tanah atau tidak. Colokan terground memiliki tiga lubang, sementara colokan yang tidak terground hanya memiliki dua lubang. Lubang berbentuk bulat dan berbentuk D adalah yang terhubung dengan kabel tanah.

Jika Anda memiliki rumah yang baru, kemungkinan besar sistem Anda sudah terhubung dengan baik. Pada rumah yang dibangun pada awal tahun 1960-an atau sebelumnya, mungkin ada kombinasi colokan terground dan tidak terground, tergantung pada peningkatan listrik yang dilakukan selama bertahun-tahun. Pekerjaan listrik DIY atau yang kurang standar yang dilakukan selama bertahun-tahun juga bisa berarti ada kelemahan dalam jaringan kabel tanah Anda.

Cara terbaik untuk memastikan adalah dengan menjadwalkan inspeksi keselamatan listrik dengan teknisi listrik setempat. Teknisi kami dapat membantu Anda meningkatkan colokan yang tidak terhubung dengan tanah juga.

Bagikan Postingan

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pinterest
Email
Tumblr
Print

Postingan Lainnya

Hosting

Pekerja PHP vs batas memori PHP: pahami perbedaannya

Menjalankan situs WordPress dengan lancar dan efisien melibatkan pemahaman elemen teknis-seperti Batasan memori PHP Dan Pekerja PHPTapi apa sebenarnya arti istilah-istilah ini, dan bagaimana pengaruhnya

Hosting

Cara membatalkan publikasi situs WordPress Anda

Sebagai pengguna atau pengelola situs WordPress, mungkin ada saatnya Anda ingin menghapus situs Anda dari pandangan publik untuk sementara atau selamanya. Baik Anda melakukan perubahan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi Pembuatan Website
👋 Hai ada yang bisa dibantu?
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.