...

indahweb.com

Mengatasi 3 Masalah Umum WordPress dan Solusinya

Daftar Isi

Mengatasi 3 Masalah Umum WordPress dan Solusinya

Mengatasi 3 Masalah Umum WordPress dan Solusinya

WordPress menjadi sistem manajemen konten yang paling populer berkat kemampuannya untuk disesuaikan dan fleksibilitasnya. Meskipun tidak sempurna, WordPress umumnya mudah digunakan.

Kesalahan WordPress mungkin terlihat menakutkan, namun kebanyakan bisa diperbaiki dengan mudah. Selama Anda mengenali kesalahan dan penyebabnya, Anda dapat melakukan perbaikan dasar secara mandiri.

Panduan ini akan menunjukkan cara mendiagnosis dan memperbaiki tiga masalah WordPress paling umum:

1. Internal Server Error

Internal server error (juga dikenal sebagai 500 internal server error) merupakan salah satu kesalahan yang paling membingungkan bagi pengguna WordPress. Kesalahan ini menunjukkan ada yang tidak beres, tetapi server tidak dapat mengidentifikasi apa itu, sehingga Anda harus menyelidiki sendiri.

Penyebab Masalah

File .htaccess yang rusak sering menjadi penyebab umum internal server error, tetapi juga bisa disebabkan oleh masalah tema atau plugin.

Cara Memperbaiki Masalah

Ketika menghadapi internal server error, coba akses root situs web melalui protokol transfer file (FTP).

Ganti nama file .htaccess menjadi sesuatu yang lain (seperti .htaccess-lama). Coba muat ulang situs web untuk memeriksa apakah ini memperbaiki masalah. Jika berhasil, reset permalinks Anda dengan mengunjungi Settings > Permalinks untuk membuat file .htaccess baru.

Jika solusi pertama tidak berhasil, masalah mungkin disebabkan oleh tema dan plugin yang tidak kompatibel atau usang.

Untuk memperbaiki plugin, nonaktifkan melalui FTP. Kemudian, aktifkan satu per satu sampai Anda menemukan plugin yang bermasalah. Setelah menemukan plugin yang bermasalah, laporkan ke pengembang. Anda juga dapat mencoba kembali ke tema sebelumnya yang digunakan ketika situs web masih berfungsi.

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil, coba mengunggah ulang folder /wp-admin dan /wp-includes dengan menginstal ulang WordPress. Unggah ini menggunakan klien FTP dan pilih Overwrite untuk menggantikan file lama.

2. 403 Forbidden Error

Kesalahan 403 forbidden ditampilkan kepada pengunjung situs web jika server tidak mengizinkan akses ke halaman tertentu. Ada beberapa skenario di mana Anda mungkin mengalami pesan kesalahan ini:

  • Saat ditolak akses di wp-admin atau halaman login WordPress Anda.
  • Selama proses instalasi WordPress.
  • Saat mengunjungi halaman apa pun di situs web WordPress Anda.

Penyebab Masalah

Beberapa hal berikut ini bisa menyebabkan kesalahan 403 forbidden:

  • Plugin keamanan yang dikonfigurasi buruk.
  • File .htaccess yang rusak.
  • Perusahaan hosting WordPress Anda membuat perubahan tidak sengaja pada pengaturan servernya.
  • Izin file yang salah pada server Anda, yang dapat membuat server web Anda berpikir Anda tidak memiliki izin untuk mengakses file-file itu.

Cara Memperbaiki Masalah

Untuk memperbaiki kesalahan 403 forbidden, coba:

  • Periksa plugin keamanan Anda. Plugin ini dapat memblokir beberapa alamat IP jika menganggap alamat tersebut bersifat berbahaya.
    Unduh salinan cadangan file .htaccess Anda.
  • Hapus file yang ada dari server Anda dan coba akses situs web Anda. Jika situs web Anda dapat diakses, file .htaccess rusak. Buat file .htaccess baru seperti yang dijelaskan dalam bagian mengenai kesalahan server internal.
  • Konsultasikan dengan penyedia hosting Anda. Jika Anda curiga bahwa ada izin file yang salah pada server Anda, mintalah penyedia hosting Anda untuk memeriksa izin file.

3. White Screen of Death (WSoD)

White Screen of Death (WSoD) muncul sebagai layar kosong tanpa informasi dan biasanya merupakan tanda kesalahan PHP atau database.

Penyebab Masalah

Berikut ini sering menjadi penyebab WSoD:

  • Masalah kompatibilitas plugin.
  • Masalah dengan tema WordPress Anda, terutama jika Anda mengaktifkan tema baru atau membuat situs web baru di WordPress.
  • Direktori tema yang hilang atau diubah nama. Kesalahan ini biasanya terjadi ketika pengembang membuat lingkungan pengembangan lokal dan menggandakan database, yang mungkin hilang atau diubah nama.

Cara Memperbaiki Masalah

Jika Anda mengalami WSoD, coba metode pemecahan masalah berikut:

  • Nonaktifkan plugin Anda. Mirip dengan kesalahan server internal, coba nonaktifkan dan mengaktifkan ulang plugin untuk menemukan penyebab akar kesalahan.
  • Aktifkan tema Anda. Masuk ke dasbor WordPress Anda atau akses situs web Anda melalui FTP dan cari folder /wp-content/themes/. (Jika menggunakan FTP, ubah nama folder tema aktif.)
  • Akses wp-login.php atau /wp-admin/ sebagai administrator. Anda seharusnya dapat melihat pesan kesalahan WordPress yang mengatakan sesuatu seperti “Direktori tema “{nama-tema}” tidak ada.”

Jika Anda melihat pesan kesalahan ini, coba beralih ke tema admin, mengubah nama direktori Anda, atau mengedit catatan “theme” dan “stylesheet” di wp_options.

4. Masalah-Masalah Kurang Umum + Solusinya

a. Error Establishing a Database Connection

  • Penyebab: Kredensial database yang salah, server database tidak tersedia, atau database korup.
  • Cara Memperbaiki: Verifikasi kredensial database dalam wp-config.php. Periksa status server database dan restart jika perlu. Perbaiki database yang korup menggunakan phpMyAdmin atau plugin seperti WP-DBManager.

b. Login Page Refresh/Redirect Loop

  • Penyebab: Pengaturan URL yang salah, masalah caching, atau konflik plugin.
  • Cara Memperbaiki: Periksa dan benarkan pengaturan URL situs dalam file wp-config.php. Bersihkan cache dan cookies browser. Nonaktifkan plugin caching atau bersihkan cache mereka. Nonaktifkan plugin satu per satu untuk mengidentifikasi plugin yang konflik.

c. DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Error

  • Penyebab: Konfigurasi DNS yang salah. Pengaturan DNS untuk domain mungkin tidak benar atau tidak dikonfigurasi dengan baik. Masalah ISP (Penyedia Layanan Internet): Server DNS ISP Anda mungkin mengalami masalah atau tidak dapat menyelesaikan domain. Cache browser atau cache DNS: Informasi DNS yang di-cache di browser atau sistem lokal Anda mungkin sudah kadaluarsa atau tidak benar.
  • Cara Memperbaiki: Kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” tidak spesifik untuk WordPress, tetapi ada banyak langkah pemecahan masalah dasar untuk menyelesaikan masalah. Solusi paling umum adalah me-restart router dan modem, diikuti dengan membersihkan cache dan cookies browser, serta mem-flush cache DNS.

d. 404 Page Not Found

  • Penyebab: Masalah struktur permalink, halaman yang dihapus, atau tautan yang rusak.
  • Cara Memperbaiki: Perbarui permalink dengan pergi ke Settings -> Permalinks dan menyimpan perubahan. Periksa halaman yang dihapus dan pulihkan jika perlu. Anda mungkin juga perlu meninjau konten dalam setiap pos blog/halaman dan memperbaiki tautan yang rusak dengan memperbarui destinasi. Anda juga dapat mengalihkan halaman untuk menjaga nilai optimasi mesin pencari bagi halaman yang tidak lagi ada.

e. HTTP Image Upload Error

  • Penyebab: Batas ukuran file, izin file yang salah, atau konflik plugin.
  • Cara Memperbaiki: Tingkatkan batas ukuran file di php.ini atau menggunakan plugin seperti Increase Maximum Upload File Size.Verifikasi dan benarkan izin file untuk direktori unggahan. Nonaktifkan plugin yang konflik atau beralih ke tema default.

f. Memory Exhausted Error

  • Penyebab: Batas memori PHP yang tidak mencukupi, plugin atau tema yang membutuhkan sumber daya, atau ukuran gambar yang besar.
  • Cara Memperbaiki: Tingkatkan batas memori PHP di php.ini atau wp-config.php. Nonaktifkan plugin yang membutuhkan memori atau beralih ke tema ringan. Optimalkan gambar menggunakan kompresi atau plugin seperti Smush.

Kesimpulan: Panduan Pemecahan Masalah untuk Masalah WordPress Umum

Meskipun WordPress umumnya stabil, adalah hal yang wajar mengalami kesalahan kadang-kadang. Masalah-masalah ini mungkin terlihat menakutkan, tetapi dengan panduan ini, Anda dapat memiliki situs web Anda berjalan dengan cepat.

Kesalahan WordPress umum dapat dihindari dengan memperbarui plugin dan tema Anda, memeriksa file .htaccess Anda, dan menjaga keamanan situs web Anda.

Penyedia hosting web yang Anda pilih juga memainkan peran penting dalam menjaga keamanan situs web Anda.

Bagikan Postingan

Facebook
LinkedIn
Twitter
Telegram
WhatsApp
Pinterest
Email
Tumblr
Print

Postingan Lainnya

Hosting

Pengantar CD Argo

Menyebarkan aplikasi secara efisien sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak modern. Akibatnya, GitOps, yang menggunakan Git untuk mengelola infrastruktur, mendapatkan daya tarik, dan Argo CD

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi Pembuatan Website
👋 Hai ada yang bisa dibantu?
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.