Saat memilih yang tepat hosting web untuk situs Anda, Anda mempertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan, keamanan, harga, dan skalabilitas. Penyedia hosting mencoba memenuhi kebutuhan tersebut dengan berbagai cara: dengan hosting bersama, hosting khusus, hosting server pribadi virtual, dan banyak lagi.

Di masa lalu, kami telah menulis beberapa panduan yang membandingkannya berbagai jenis dari hostingnamun dalam panduan ini, kami mengeksplorasi teknologi kontainer terisolasi dan teknologi kontainer yang mendasari infrastruktur Kinsta.

Apa itu kontainer?

Sebelum mendalami teknologi container terisolasi, mari kita bahas apa itu container. Kontainer adalah paket mandiri yang mencakup semua yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi, termasuk kode, runtime, alat sistem, dan pustaka.

Tidak seperti virtualisasi tradisional, di mana setiap mesin virtual (VM) menjalankan sistem operasinya, container berbagi kernel OS host, sehingga menjadikannya ringan dan efisien.

Manfaat teknologi kontainer

Ada beberapa keuntungan menggunakan container di web hosting, antara lain:

  1. Portabilitas: Kontainer merangkum aplikasi dan dependensinya, menjadikannya sangat portabel. Anda dapat dengan mudah memindahkan container dari satu lingkungan hosting ke lingkungan hosting lainnya (misalnya dari laptop pengembang ke lingkungan pengujian dan kemudian ke produksi) tanpa mengkhawatirkan masalah inkonsistensi atau kompatibilitas.
  2. Konsistensi dan efisiensi: Kontainer meningkatkan hosting web dengan menggunakan sumber daya secara efisien sekaligus memastikan aplikasi berjalan secara konsisten di semua lingkungan, mulai dari pengembangan hingga produksi.
  3. Penerapan dan penskalaan yang cepat: Kontainer dapat dibuat dan diterapkan dengan cepat — sebuah keuntungan signifikan dalam integrasi berkelanjutan dan pengiriman berkelanjutan (CI/CD) lingkungan. Mereka juga memungkinkan pemulihan cepat jika terjadi kegagalan, karena Anda dapat dengan cepat memulai container baru dengan konfigurasi yang sama.
  4. Isolasi dan keamanan: Kontainer menyediakan lingkungan yang terisolasi untuk setiap aplikasi atau layanan. Isolasi ini memastikan bahwa proses dalam suatu container tidak mempengaruhi container lain atau sistem host. Hal ini meningkatkan keamanan, karena masalah dalam satu penampung dapat diatasi dan tidak berdampak pada penampung lainnya.

Tantangan teknologi kontainer

Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan container di web hosting, ada juga beberapa kelemahannya:

  1. Perhatian pada keamanan: Di web hosting, memastikan keamanan container sangat penting karena container tersebut berbagi kernel OS host. Kerentanan pada satu container dapat membahayakan keamanan seluruh server, sehingga memerlukan praktik isolasi dan keamanan yang kuat.
  2. Kompleksitas: Mengelola banyak kontainer untuk hosting web bisa jadi rumit. Mengatur penerapan, penskalaan, dan pemeliharaan container ini memerlukan keahlian, terutama saat menggunakan alat seperti Kubernetes untuk penyiapan yang lebih besar.
  3. Tantangan penyimpanan: Kontainer tidak memiliki kewarganegaraan, sehingga menimbulkan tantangan dalam mempertahankan data dalam skenario hosting web. Strategi yang efektif diperlukan untuk memastikan data dari situs web dan aplikasi tetap utuh bahkan ketika container dimulai ulang atau dihapus.
  4. Jaringan: Menyiapkan dan mengelola konfigurasi jaringan untuk container di web hosting adalah hal yang rumit. Hal ini melibatkan memastikan kontainer dapat berkomunikasi secara efektif satu sama lain dan dengan jaringan eksternal sambil menjaga keamanan dan kinerja.
  5. Masalah kompatibilitas: Memastikan bahwa aplikasi web berjalan secara konsisten di berbagai lingkungan merupakan suatu tantangan. Perbedaan dalam sistem operasi dan ketergantungan dapat menyebabkan masalah kompatibilitas, sehingga memerlukan pengelolaan dan pengujian gambar kontainer yang cermat.

Kebutuhan akan isolasi

Meskipun container memberikan beberapa keunggulan dibandingkan metode penerapan perangkat lunak tradisional, container memiliki keterbatasan.

Salah satu kekhawatiran yang signifikan adalah potensi kerentanan keamanan saat menjalankan banyak container pada satu host. Jika satu container disusupi, terdapat risiko penyerang dapat memperoleh akses ke container lain di host yang sama.

Selain itu, container sering kali bersaing untuk mendapatkan sumber daya sistem seperti CPU, memori, dan bandwidth jaringan. Persaingan ini dapat menyebabkan masalah kinerja dan pertikaian sumber daya yang tidak dapat diprediksi jika kontainer tidak diisolasi dengan benar.

Isolasi kontainer mengacu pada praktik membatasi interaksi dan komunikasi antar kontainer dalam lingkungan yang terkontainer. Isolasi ini menjamin bahwa setiap container berfungsi secara independen dan aman, menghindari interferensi dengan container lain pada sistem host yang sama.

Isolasi dalam teknologi kontainer terutama bergantung pada dua mekanisme:

  1. Ruang nama: Kontainer menggunakan namespace untuk membuat instance terpisah dari sumber daya sistem seperti proses, jaringan, dan sistem file. Hal ini mencegah satu kontainer mengakses atau memodifikasi sumber daya kontainer lain.
  2. Grup Kontrol (grup): cgroups melengkapi namespace dengan membatasi dan memprioritaskan sumber daya (CPU, memori, I/O, jaringan, dll.) yang dapat digunakan oleh proses dalam namespace. Hal ini memastikan bahwa kontainer tertentu tidak memonopoli sumber daya sistem, menjaga stabilitas dan efisiensi sistem secara keseluruhan.

Teknologi kontainer terisolasi vs hosting bersama

Hosting bersama adalah bentuk hosting yang lebih tradisional di mana beberapa situs web berbagi sumber daya di satu server. Metode hemat biaya ini adalah pilihan populer bagi usaha kecil, blogger, dan individu dengan anggaran terbatas.

Penyedia hosting bersama biasanya menawarkan panel kontrol yang mudah digunakan dan proses pengaturan yang mudah, sehingga menurunkan hambatan teknis untuk masuk. Namun, sifat sumber daya yang digunakan bersama berarti bahwa lalu lintas atau penggunaan sumber daya yang tinggi oleh satu situs web dapat memengaruhi kinerja situs lain di server yang sama.

Selain itu, shared hosting mempunyai risiko keamanan yang lebih tinggi; jika satu situs web disusupi, situs lain di server yang sama dapat terpengaruh.

Pilihan antara teknologi container terisolasi dan hosting bersama bergantung pada kebutuhan dan kemampuan spesifik pengguna. Kontainer terisolasi ideal bagi mereka yang memprioritaskan keamanan, stabilitas, dan skalabilitas, namun biayanya lebih tinggi dan memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis.

Hosting bersama, meskipun lebih terjangkau dan mudah digunakan, memiliki keterbatasan kinerja, keamanan, dan fleksibilitas, sehingga lebih cocok untuk situs web yang lebih kecil dan tidak memerlukan banyak sumber daya.

Memahami bagaimana Kinsta menggunakan teknologi kontainer terisolasi

Aplikasi Kinsta, database, dan paket hosting WordPress terkelola tidak termasuk dalam kategori hosting tradisional. Tidak seperti host lain, yang lebih murah dan kurang aman, infrastruktur Kinsta dibangun untuk kinerja. Kami mempertahankan tumpukan hosting khusus dan terkontainer yang tidak mengurangi kualitas.

Kinsta menggunakan wadah Linux (LXC) dan LXD sebagai teknologi kontainer yang mendasari kami Infrastruktur hosting WordPress di Google Cloud Platform (GCP)memastikan isolasi lengkap untuk setiap akun dan situs WordPress.

Diagram infrastruktur Hosting WordPress Kinsta.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pendekatan kami terhadap Aplikasi Dan Basis data hostingnya sedikit berbeda. Layanan ini dihosting di Kubernetyang juga ditempatkan di GCP dan dilindungi oleh Cloudflare.

Diagram infrastruktur Hosting Aplikasi dan Hosting Basis Data Kinsta
Diagram infrastruktur Hosting Aplikasi dan Hosting Basis Data Kinsta.

Platform kami memastikan setiap situs berjalan secara khusus, wadah perangkat lunak yang terisolasi dilengkapi dengan semua sumber daya perangkat lunak yang diperlukan (Linux, NGINX, PHP, MySQL), menjamin privasi 100% dan tidak ada pembagian sumber daya, bahkan antar situs Anda sendiri.

Kontainer ini berjalan pada mesin virtual berukuran besar di salah satu dari beberapa kontainer tersebut Pusat data GCP, diamankan dengan integrasi Cloudflare gratis kami. Selain itu, kami menggunakan enkripsi saat tidak digunakan untuk melindungi data pelanggan, memastikan keamanan dan privasi terbaik.

Pada paket standar kami, setiap kontainer situs langsung dapat mengakses 12 CPU dan 8 GB RAM secara default. Setiap lingkungan pementasan pada paket standar kami memiliki akses ke 1 CPU dan 8 GB RAM.

Kami juga memiliki dasbor yang dirancang khusus (Kinsta Saya) yang menyederhanakan pembuatan dan pengelolaan situs web Anda, semuanya tanpa memerlukan pengaturan eksternal. Ini memberikan akses komprehensif ke informasi dan alat penting, termasuk analisis terperinci, log, cadangan, dan banyak lagi.

Alat dan fitur dasbor MyKinsta yang membantu membuat dan mengelola situs Anda
Dasbor MyKinsta menawarkan banyak alat dan fitur untuk membantu membuat dan mengelola situs Anda.

Layanan hosting aplikasi dan database kami menyederhanakan pekerjaan Anda dengan menghilangkan kerumitan dalam mengatur penerapan, penskalaan, dan pemeliharaan container. Dengan dasbor kami yang ramah pengguna, Anda dapat dengan mudah membuat database dan menyebarkan aplikasi.

Kami menawarkan opsi serbaguna untuk membuat image container, termasuk Nixpacks, Buildpacks, dan Dockerfile. Selain itu, layanan kami mendukung penskalaan horizontal otomatismemastikan aplikasi Anda bekerja secara optimal tanpa memerlukan keahlian khusus.

Konfigurasikan lingkungan build aplikasi Anda dengan hosting aplikasi Kinsta
Konfigurasikan lingkungan build aplikasi Anda dengan hosting aplikasi Kinsta.

Ringkasan

Sekarang setelah Anda mengetahui apa arti teknologi container terisolasi, cara kerjanya, fitur-fiturnya, serta kelebihan dan kekurangannya, Anda sudah siap untuk memutuskan apakah situs web Anda memerlukannya.

Jika Anda mencari hosting yang lebih andal dan aman untuk situs WordPress Anda, sebaiknya pilih solusi hosting WordPress terkelola kami, yang menampung setiap situs WordPress dalam wadahnya yang terisolasi.

Lihat apa yang dikatakan pelanggan kamiatau Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi hosting terkelola kami dan keunggulannya dalam teknologi kontainer terisolasi.

Joel Olawanle
Kinsta

Joel adalah pengembang Frontend yang bekerja di Kinsta sebagai Editor Teknis. Dia adalah seorang guru yang bersemangat dan menyukai open source dan telah menulis lebih dari 200 artikel teknis terutama seputar JavaScript dan kerangka kerjanya.